VISI DAN MISI REKTOR UTU

VISI, MISI DAN GARIS BESAR PROGRAM KERJA

CALON REKTOR UNIVERSITAS TEUKU UMAR PERIODE 2010-2014

Oleh:

Dr. Edwarsyah, S.P., M.P.

www.edwarsyah10.wordpress.com

edwarsyah_dr@ymail.com

  1. I. Latar Belakang

Dengan mengucapkan Bismillahhirrahmanirrahim, dan sadar akan kelemahan diri serta melihat kemampuan lebih orang lain, saya mencoba membuat konsep ini. Dalam berbagai kesempatan, pertemuan, diskusi serta aktivitas lainnya penulis dapat melihat betapa UTU itu sudah begitu berkembang dan maju. Namun dalam pekembangan dan kemajuan tersebut beberapa kendala selalu mengikuti, terutama masalah kekurang-mampuan dalam  pendanaan (income generating).

Kampus UTU yang terletak sangat strategis di Pantai Barat Selatan Aceh dari segi Iklim geografis, Geoekonomi, Geopolitik dan Geospasial dan merupakan kampus Rakyat di Bumi Teuku Umar. Dalam usianya yang ke 4, UTU telah mengukir berbagai prestasi baik dalam menyiapkan SDM yang berkualitas maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Pada tahun 2009 UTU telah diberikan kepercayaan berupa program Detasering oleh Dikti sebanyak 2 (dua) orang Dosen yang berasal dari Universitas Negeri Malang (UM) dan IPB Bogor untuk memberikan kontribusi pebembenahan baik dibidang Pengajaran/pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat maupun Kemahsiswaan. Sedangkan 2010 UTU diberikan kepercayaan dan kesempatan kembali oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui program Detasering Dikti sebanyak 5 (lima) orang Dosen dari  5 Perguruan Tinggi Negeri  di Indonesia yaitu Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Jenderal Soedirmalan Purwekerto dan Universitas Negeri Makssar ke 5 Detaser tersebut merupakan dosen yang bergelar Doktor (S3) juga dalam rangka membantu dan menyiapakan tenaga-tenaga pengajar serta untuk lebih mampu menyiapkan diri ke pendidikan yang lebih tinggi. Program Detasering juga salah satu program utama untuk menyiapan instrument akselerasi Penegerian UTU sebagai perguruan terkemuka di Pantai Barat Slatan Aceh.

Periode Rektor 2006 – 2010 merupan masa menyiapkan fondasi bagi implementasi Statuta Universitas Teuku Umar. Berbagai langkah termasuk melakukan restrukturisasi dan efisiensi organisasi. Pada periode tersebut telah dilakukan perpanjangan izin operasional Program Studi yaitu 13 program pada 6 Fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Sosial dan Ilmu Politik, Teknik dan Fakultas Ekonomi.

Dengan Demikian tahap berikutnya, selama 4 tahun kedepan adalah tahap akselerasi trnsformasi UTU dalam menjawab tantangan global dengan dimulai dengan perencanaan, implementasi dan evaluasi yang dilakukan secara terus menerus untuk menjadikan UTU sebagai perguruan Tinggi Negeri yang terkemuka di Aceh dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.

  1. II. Tantangan dalam Akselerasi Transformasi UTU dan Visi

Transformasi UTU di Tahun 2010-2014 menghadapi berbagai tantangan terutama dalam mengimplementasikan hasil perubahan, restorasi serta penataan kembali dan melakukan perbaikan yaitu fokus untuk akselerasi Penegerian UTU, pengembangan infrastruktur, peningkatan citra dan kinerja serta perbaikan kesejahteraan Dosen dan Karyawan. Tantangan tersebut adalah:

Pertama, konsolidasi  internal UTU dimulai di tingkat Pimpinan Rektorat, Dekanan, Jurusan/Program dan  karyawan yang harus diselesaikan pada akhir tahun 2010. Masalah akselerasi Penegerian UTU sebagai Pergurguruan Tinggi Negeri di Pantai Barat Selatan Aceh yaitu menyiapkan kembali persyaratan (a) sertifikat tanah milik UTU, (b) rekomendasi Gubernur, Bupati/Walikota Barat Selatan , Rektor Unsyiah, Pimpinan DPRA, DPRK Kabupaten/Kota Barat Selatan Aceh, (c)proposal, Renstra, RIP, Akreditasi Jurusan/Prodi, Master Plan Akademik, Fisik, dana untuk kepengurusan penegerian dan lain sebagainya. Status dosen yayasan dan perbaikan kesejahteraan dosen dan karyawan UTU harus menjadi prioritas. Masalah Dosen yang belum memiliki NIDN dan SK Yayasan sekurang kurangnya telah mengajar selama se tahun (2 semester) untuk segera diberikan kepada dosen yang bersangkutan. Masalah kepangkatan Akademik/fungsional Dosen akan di beban tugaskan pada Bidang Kepegawaian yang bertanggung jawab melalui Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Umum. Kepangkatan Akademik Dosen akan dikelola secara professional dan dibiayai penuh oleh pihak Rektorat/Yayasan. Peningkatan kesejahteraan Dosen dan Karyawan haruslah dengan kinerja dengan standart penggajian yaitu akan diberikan kembali biaya makan dan transportasi, tunjangan kesehatan, tunjangan anak dan istri serta THR. Kedua, optimalisasi Laboratorium Terpadu (FP, FKM, FPIK dan FT) dalam rangka menjadi kampus rakyat berbasis digital secara online serta mengupayakan pengisian KRS juga secara online, Ketiga, tantangan yang tidak kalah penting adalah pengembangan UTU Farming University melalui membuka lahan UTU untuk menanam komoditi unggulan sebagai pendapatan biaya operasional UTU serta kesejahteraan Dosen dan Karyawan. Keempat, mendata kembali jumlah dosen yang mengajar sesuai dengan bidang disiplinnya dan Dosen yang mengajar berstatus Guru akan ditinjau kembali guna memperbaiki citra dosen pada masing-masing jurusan. Kelima, meningkatkan kemampuan pendanaan dan sumber-sumber pendapatan dari Pemerintah, Kementerian Pendidikan Nasional, Pemerintah Aceh, Pengusaha dan pendonor asing yang tidak mengikatat dan halal. Keenam, mengaktifkan kembali Wabesite UTU serta pengisian KRS secara Online bagi mahasiswa dan penggunaan Hotspot di Lingkungan Kampus bagi mahasiswa, Dosen dan Karyawan. UTU sebagai perguruan Tinggi untuk rakyat harus kuat secara financial dicirikan dengan (a) menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, relevan bagi UTU dan stakeholders (b) meningkatkan kuantitas dan kualitas hubungan saling menguntungkan dengan masyarakat luas termasuk dunia usaha dan pemerintah dalam transfer teknologi dan pemberdayaan masyarakat (c) menyelenggarakan administrasi yang efisien, efektif dan akuntabel serta mengembangkan ITC (Information, Telecomunication andInformation)

Visi

UTU sebagai Perguruan Tinggi menuju universitas Riset dan entrepreneurial pada tahun 2020, menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dalam pengembangan SDM dan IPTEKS

  1. III. Misi

  1. Membentuk paradigma baru masyarakat UTU menuju perguruan tinggi riset berbasis enterpreneur.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masayarakat kini dan mendatang.
  3. Meningkatkan kesejahteraan umat manusia melalui penerapan dan pendayagunaan IPTEKS serta interpreuner.
  4. Mengupayakan sistem pemenuhan hak dasar para Dosen dan karyawan UTU.

  1. IV. Program Kerja

Berdasarkan Visi dan Misi, maka prioritas program kerja Balon Rektor UTU periode 2010-2014 adalah:

  1. Kebijakan Umum, penyusunan sistem dan panduan operasional yang jelas untuk merealisasikan/mengoperasionalkan renstra UTU. Menata dan mengembangkan kelembagaan/organisasi yang efektif dan efisien sehingga setiap organisasi memiliki kejelasan tugas, wewenang, tanggung jawab, serta indikator kinerja yang terukur dan ternilai.
  2. Akselerasi Penegerian UTU sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Pantai Barat Selatan Aceh.
  3. Penataan dan peningkatan kompetensi dan Kualitas SDM dosen, struktural, Administrasi, Teknis dan lain-lain.
  4. Pengembangan Infrastruktur dan fasilitas yaitu (a) membangun Laboratoriun Terpadu (Biosceances) dalam rangka menyelenggarakan integritas multi disipliner ilmu, (b) Membangun Asrama Mahasiswa/mahasiswi, (c) Membangun Gedung Olah Raga Mahasiswa (GOR) dan (e) meningkatan pendapatan dari Unit Usaha Unggulan untuk kesejahteraan Dosen , mahasiswa dan karyawan sebagai penerimaan Negara Bukan Pajak dalam pengembangan enterpreunerial (yang akan menghasilkan sarjana pencipta kerja mandiri berjiwa Bisnis).

Demikian saya sampaikan hasil pemikiran butir-butir program kerja bakal calon rektor Universitas Teuku Umar periode 2010-2014 dan saya ucapkan terima kasih. Wassalam

Satu Balasan ke VISI DAN MISI REKTOR UTU

  1. semoga UTU semakin jaya…!!

    link balik…
    salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s